| 
<<<==ayat   berikutnya | 
ayat   sebelumnya ===>> | 
| 
إِنَّنِيْ   أَنَا اللَّهُ لاَ إِلٰهَ إِلّا أَنا۠ فَاعْبُدْنِيْ وَأَقِمِ الصَّلوٰةَ   لِذِكْرِى 
innanii   anallaahu, laa ilaaha illaa anaa fa` budnii. wa aqimishshalaata lidzikrii | ||
| 
Arti   kata أِنَّنِى-innanii | 
Adv 
1. sesungguhnya Aku | |
| 
Jenis kata | 
kata   penyambung atau kata depan (harf) | |
| 
tatabahasa  | 
kata أِنَّنِى ini   tidak dapat berdiri sendiri tanpa diikuti oleh kata lainnya. 
kata أِنَّنِى ini   memiliki kata ganti kepunyaan ku. adapun cirinya adalah adanya   imbuan akhir berupa iy (يْ ) , yang   menunjukkan kata ganti kepunyaan pihak pertama tunggal (ku) | |
| 
Arti   kata أَنَا-anaa | 
Noun 1. Aku | |
| 
Jenis kata | 
kata   pengganti nama | |
| 
tatabahasa | 
kata أَنَا ini   merupakan kata pengganti yang digunakan untuk menggantikan nama 
kata أَنَا ini   merupakan kata pengganti pihak pertama tunggal | |
| 
Arti   kata اللَّهُ-Allaahu | 
Noun 1. Allah | |
| 
tatabahasa  | 
kitab-kitab terdahulu (lebih   dahulu dari alquran) telah menggunakan kata اللَّهُ ini. sehingga kata اللَّهُ ini   lebih dimaknai sebagai kata yang bukan berasal dari bahasa arab, tetapi   kata اللَّهُ ini   telah dijadikan sebagai kata baku   yang digunakan pada kitab-kitab sebelumnya. 
kata اللَّهُ ini   memiliki 99 nama fungsi yang ihsan atau dikenal   dengan asmaul chusna. seluruh yang ada dialam semesta ini   baik yang bersifat Organis maupun Biologis setiap saat setiap waktu sibuk   berbuat menurut yang sudah dipastikan olehNya. 
kata اللَّهُ ini   merupakan jenis kata yang tidak ada tasrifannya, karena kata ini lebih   mewakili untuk menerangkan nama diri. | |
| 
Arti   kata لاَ-laa | 
Adv 1. tidak 2. tidak ada | |
| 
Jenis kata  | 
kata penyambung atau kata depan   (harf) | |
| 
tatabahasa | 
kata لاَ ini   masuk dalam kelompok kata penyambung (penghubung) maupun kata depan. 
kata لاَ ini   tidak dapat berdiri sendiri tanpa diikuti oleh kata lainnya. | |
| 
Jenis kata | 
kata   benda abstrak atau sifat | |
| 
Arti   kata إِلَهَ-ilaaHa | 
Noun 1. أَلْمَعْبُوْدُ مُطْلَقاً-alma`buudu muthlaqan = yang di abdi secara tidak terikat ; penggerak 
2.   Tuhan | |
| 
Tiga   Huruf Pokok | ا ل ه huruf pertama ا , huruf kedua ل, dan huruf ketiga ه | |
| 
tatabahasa | 
kitab-kitab   terdahulu (lebih dahulu dari alquran) telah menggunakan kata إِلَهَ ini. sehingga kata إِلَهَ ini lebih dimaknai   sebagai kata yang bukan berasal dari bahasa arab, tetapi kata إِلَهَ ini telah dijadikan sebagai kata baku yang digunakan pada kitab-kitab   sebelumnya.kata إِلَهَ ini   merupakan bentuk tunggal maskulin. Adapun bentuk jamaknya adalah  اٰلِهَةٌ-aaliHatun | |
| 
Arti   kata إِلاَّ-illaa | 
P 
1. kecuali;melainkan | |
| 
Definisi | 
tidak termasuk (dl golongan, aturan, dsb yg umum) | |
| 
tatabahasa | 
kata إِلاَّ ini   masuk dalam kelompok kata penyambung (penghubung) maupun kata depan. 
kata إِلاَّ ini   tidak dapat berdiri sendiri tanpa diikuti oleh kata lainnya. | 
| 
Arti   kata فَاعْبُدْنِي-fa`buduuni | 
Verb 
1. maka hidup mengabdilah   menurutKu 
2. Maka sembahlah Aku | |
| 
Jenis   kata | 
kata   kerja perintah atau kata seru | |
| 
Tiga   Huruf Pokok | 
ع ب د huruf pertama ع ,   huruf kedua ب,   dan huruf ketiga د | |
| 
tatabahasa | 
kata فَاعْبُدْنِي ini tergolong kata   seru atau kata perintah. 
adapun yang dimaksud dengan kata   perintah yaitu kata yang digunakan untuk meminta melakukan sesuatu   atau menyuruh untuk melakukan sesuatu (kata perintah).kata فَاعْبُدْنِي ini memiliki imbuan fa ( فَ ), imbuan fa (فَ ) ini   memberikan makna maka atau lalu. 
kata فَاعْبُدْنِي ini   merupakan bentuk dari kata perintah.  
kata فَاعْبُدْنِي ini   tergolong kata perintah. 
ini digunakan untuk menyeru,   memanggil, memohon atau memerintah kepada pihak kedua tunggal (kamu) untuk   melakukan aktivitas 
kata فَاعْبُدْنِي ini   memiliki kata pengganti nama sebagai object ku. adapun cirinya   adalah adanya imbuan akhir berupa niy ( نِيْ )   , yang menunjukkan sebagai object berupa kata pengganti  nama pihak pertama tunggal (ku) | |
| 
pemecahan   tashrif | ||
| 
Arti   kata وَأَقِمِ-wa aqimi | 
Verb 1. dan dirikanlah 
2.   dan tegakkanlah 3. dan laksanakanlah | |
| 
Jenis   kata | 
kata   kerja perintah | |
| 
Tiga   Huruf Pokok | 
ق و م huruf pertama ق , huruf keduaو dan huruf ketiga م  | |
| 
tatabahasa | 
kata  وَأَقِمِ ini   tergolong kata kerja perintah. 
adapun yang   dimaksud dengan kata kerja perintah yaitu kata yang   digunakan untuk meminta melakukan sesuatu atau menyuruh untuk melakukan   sesuatu (kata perintah).kata  وَأَقِمِ ini   memiliki imbuan wa ( وَ ), imbuan wa (وَ) ini   memberikan makna dan atau yaitu dsb. 
baris kasroh pada مِ asalnya berbaris sukun(mati) sebagai tanda   dari kata kerja perintah, Namun dikarenakan melebur(idgham) kepada kata   sesudahnya, Maka harus dikasrohkan. | 
| 
pemecahan   tashrif | 
قَامَ - يَقُوْمُ - قَوْمًا وَ قِيَامًا -qaama-yaquumu-qauman wa qiaaman = bangun / tegak /   berdiri (INGAT   DISINI!!)  
اَقَامَ - يُقِيْمُ -   اِقَامَةً -aqaama - yuqiimu - iqaamatan = menegakkan. | |
| 
Arti   kata الصَّلَاةَ-ashshalaata | 
Noun 
1.   sholat 
2.   do`a->ingat hadits اَلصَّلاَةُ دُعاَءٌ | |
| 
Jenis kata | 
kata   benda atau sifat | |
| 
Tiga   Huruf Pokok | 
ص ل و huruf pertama ص ,   huruf kedua ل,   dan huruf ketiga و | |
| 
tatabahasa | 
kata الصَّلَاةَ termasuk dalam jenis kata   benda. 
adapun yang dimaksud dengan   kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu,   kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda   ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik   waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang. 
kata الصَّلَاةَ ini   tergolong dalam kata untuk menerangkan kata benda bentuk tunggal jenis   feminim yang ditandai dengan adanya akhiran berhuruf ta kelereng. 
kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda الصَّلَاةَ ini   memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk sudah menentu, atau paling   tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas.   awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris   adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata   sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran   berbaris tanwin. | |
| 
Arti   kata لِذِكْرِي-lidzikrii | 
Noun 1. untuk pembinaan kesadaran hidup menurutKu. 2. untuk peringatanKu | |
| 
Jenis kata | 
kata   benda atau sifat atau pelaku | |
| 
Tiga Huruf Pokok | 
ذ ك ر huruf   pertama ذ ,   huruf kedua ك,   dan huruf ketiga ر | |
| 
tatabahasa | 
kata لِذِكْرِي termasuk   dalam jenis kata benda. 
adapun yang dimaksud dengan   kata benda meliputi bisa kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu,   kondisi serta bisa juga kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan.   kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh   waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang. 
kata لِذِكْرِي ini   memiliki imbuan li (   لِ ).   imbuan li ( لِ ) ini   berarti untuk, bagi, kepada. imbuan ini tidak dapat langsung diterapkan untuk kata kerja sebaliknya dapat langsung diterapkan fungsinya untuk kata benda.   imbuan li ( لِ  ) ini akan   menyebabkan konsonan akhir kata benda berakhiran kasrah 
kata لِذِكْرِي ini sering kali digunakan   untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud   (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat   diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau   yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an   (kesenangan dari kata senang)  
kata لِذِكْرِي ini   merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa   akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( -َ),   i ( -ِ)   atau u (-ُ).   untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk   akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata   sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan huruf  jar yang menyebabkan kata berikutnya berakhiran kasrah. | 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Assalaamu`alaikum wrb..
Terima kasih atas kunjungan anda dan mohon masukannya. Dengan anda meninggalkan sebuah komentar, Berarti anda telah ikut serta bersumbangsih mengembangkan Blog ini dan memberikan semangat untuk islah / perbaikan menulis bagi sipemiliknya. Maka banyak atau sedikit, lanjut atau berakhirnya materi sangat tergantung pada kualitas & jumlah komentarnya
Wassalaam...