Selamat datang di RATTIL QURAN

SEJARAH IMAN

16 October 2015 3 Comments

* Kenapa dibuka materi ini?
- Menjelaskan sejak kapan Iman menjadi = Percaya
- Memberi data tentang perilaku  Nur & Zdulumat mssy (11;120)

Apa arti SEJARAH??


Sebagai bahan perbandingan arti sejarah, kita lihat terjemahan buku yang berjudul JEWS, GOD AND HISTORY BY MAX I DIMONT
1. Omong kosong-----> Henry ford.
2. Sejarah adalah pergantian dinasti, Undang-undang / Hukum, Pertempuran raja-raja yang kuat atau lemah, Peperangan menang atau kalah, hukum-hukum yang baik atau buruk yang dijelaskan secara rinci dari A-Z.---> Tafsiran politik.
3. Iklim tanah akan menentukan pembentukan karakter pada manusia (dari yunani)----> Pandangan lingkungan alam (wajah geografis)
4. Sejarah ditentukan oleh cara-cara barang-barang diproduksi--->karlmarx = pandangan ekonomi(interpretasi ekonomi)
5. Institusi sosial dan sejarah manusia merupakan hasil dari sebuah penekanan yang berkecamuk di alam bawah sadar(nafsu / emosi / syahwat)----> Sigmund freud = Pandangan psikologi
6. Musim semi = permulaan pertumbuhan peradaban - musim panas = kedewasaan peradaban - musim gugur = puncak kebesaran intelektual - musim dingin = kemelorotan peradaban dan akhirnya menyongsong ajal-------------> Pandangan filsafat(Wajah filosofis) -> George William fried rich hegel (jerman), Oswald spengler (Rusia), Arnold toynbee (Inggris)--------> Ini dikatakan konsep siklis (cyclical) oleh  Oswald spingler (Rusia) - (The Decline of the west)

--> Sebuah evolusi dari bentuk yang lebih rendah menuju ke yang lebih tinggi (dalam arti peradabannya) --->konsep linear by Arnold Toynbee.(a study of History).
7. Semua kejadian dimotivasi oleh kekuatan dinamis tokoh-tokoh besar--->

Thomas Carlyle and Ralph Waldo Emerson, 1834---> (Kultus individu)

8. Sejarah adalah pertarungan antara kebaikan dan kejahatan--->>Contoh: Karya Bible--->> Pandangan religius. 

Ada juga yang mengatakan bahwa sejarah itu Evolusi dari primitif ke modern. Itu kata Darwin. Manusia itu evolusi / perubahan dari monyet??---->>Kenapa sekarang ada monyet??

Jadi apakah yang dimaksud dengan Primitif dan modern??

Kata mereka Primitif adalah : Tidak Ber-adab.
Kata mereka Modern adalah : Ber-adab.
Pengertian tersebut tidak jelas kriterianya karena yang dikatakan Ber-adab itu berarti mempunyai adab seperti misalnya suku dayak. Kalau kita sembarangan di daerah suku dayak, Bisa-bisa kita di panah. Ini sama saja punya adab = Ber-adab.

Di luar negeri orang berjalan di depan umum dengan pakaian mini / bikini sama sepertihalnya di suku dayak / pedalaman.
Pembangunan piramid tehnologi arsitekturnya tinggi dan digunakan sampai sekarang.
Teori Aristoteles, plato, aneximendros pun di gunakan sampai sekarang.
Jadi kriteria Primitif dan modern tidak jelas.

Bagaimana kata Alquran??

Kata "SEJARAH" sebenarnya berasal dari bahasa alquran. Kita dapat melihat kata tersebut dalam alquran dengan sebutan
"شَجَرَةٌ"-Syajarah = Pertumbuhan. Kata-kata yang senilai dengan arti kata tersebut seperti:

يَوْمٌ -yaum = Peredaran.

سِيْرَةٌ - siirah = Perjalanan

Menurut asal kata tersebut maka "SEJARAH" = Peredaran, Perjalanan, Pertumbuhan----> Nah, Korelasinya dengan Arti "Iman", Maka "SEJARAH IMAN" =  Peredaran, Perjalanan, Pertumbuhan Iman manusia dimuka bumi.

Sudah kita ketahui arti  "Iman" Secara umum = dengan alquran menurut sunnah rasul dan atau dengan selainnya yakni menurut sunnah syaithan.

Bagaimana Peredaran, Perjalanan, Pertumbuhan Iman manusia dimuka bumi ini dari dulu hingga kini, Dapat kita lihat prinsipnya pada bahasan berikut:

PRINSIP SEJARAH IMAN


يَوْمَ نَطْوِي السَّمَاءَ كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِ كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُّعِيدُهُ وَعْدًا عَلَيْنَا إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ

Pada peredaran sejarah, Kami, dengan penurunan ajaran msR sepertihalnya menggulung semesta angkasa ibarat lembaran pembukuan, sebagaimana Kami memulai awal penciptaan, Kami mengulang-ulanginya, begitulah peredaran sejarah kehidupan untuk masing-masing sunnah. Yaitu menjadi janji pasti atas Kami. Sungguh Kami (Allah), dengan kepastian ajaran msR Kami adalah Pelakunya. (21;104)

DEFINISI SEJARAH IMAN

 -------> Perjalanan, pertumbuhan, peredaran hidup (Pandangan dan Sikap hidup) manusia atas satu prinsip yang sama yaitu atas alternatif Nur msR dan atau zdulumat mssy yang pelakunya melakoni dalam ruang, waktu dan peralatan berbeda di muka bumi secara begiliran.

Kembali ke ayat (21;104) :  نُّعِيدُهُ -nu`iiduhu = Kami mengulang-ulang.
apa yang diulang ? yaitu prinsipnya! (Nur msR dan zdulumat mssy).
Ini diputar silih berganti sejak Nabi Adam bagaikan malam dan siang.
Inilah kenapa Allah menciptakan malam dan siang sebagai pembuktian bagi ajaranNya menurut masing-masing sunnah (Nuurun `ala nuurin)
Bersambung.......
Share this article :

+ Comments + 3 Comments

29 October, 2016 09:58

berharap untuk kemajuan cara berfikir menurut Sunnah Rasul, meneliti secara cermat, agar tidak salah dalam pandangan dan sikap hidup saya

06 March, 2017 16:32

Sertakan penerapan di lapangan sepertihalnya simulasi agar cepat terlihat kesalahan yang bisa langsung diperbaiki

04 September, 2020 18:00

Singkat tp padatkita BS paham dgn istilah baru bisa memahami isi alq. yg bernilai ilmu ada teori pas dgn praktik sejarah TDK ngawur yg ahirnya alq. hanya cerita dongeng buat anak ingusan selamat berkreasi ungkapkan istilah Qur an sejelas nya

Post a Comment

Assalaamu`alaikum wrb..
Terima kasih atas kunjungan anda dan mohon masukannya. Dengan anda meninggalkan sebuah komentar, Berarti anda telah ikut serta bersumbangsih mengembangkan Blog ini dan memberikan semangat untuk islah / perbaikan menulis bagi sipemiliknya. Maka banyak atau sedikit, lanjut atau berakhirnya materi sangat tergantung pada kualitas & jumlah komentarnya

Wassalaam...

 
Support : Berbagi Hasil Belajar | Bahasa | SIMPATISAN | PAGE | YOUTUBE
Copyright © 2011. RATTIL QURAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Adam Arassy
Proudly powered by Blogger